Lobbying Kit bukan merupakan hal yang baru dalam advokasi legislasi di Indonesia. Banyak kegiatan advokasi yang menggunakan lobbying kit, terlebih jika memiliki dana yang cukup untuk advokasi. Tapi dapat dikatakan tidak ada advokasi yang menggunakan grassroot lobbying kit di Indonesia, yaitu sebuah panduan bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara langsung dalam advokasi dengan cara mengakses langsung pembuat kebijakan. Hal tersebut dikarenakan sistem politik dan legislasi di Indonesia masih sangat sulit untuk diakses oleh masyarakat. Jangankan masyarakat, organisasi masyarakat sipil pun sulit mengakses sehingga seringkali memilih jalur mobilisasi massa agar setidaknya dapat didengar tuntutannya. Memobilisasi pengiriman kartu pos, penandatanganan petisi, pengiriman surat dan sms dorongan seringkali juga menjadi pilihan agar masyarakat dapat turut serta langsung menyampaikan tuntutan.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya saya memaparkan contoh grassroot lobbying kit yang digunakan oleh salah satu organisasi di Amerika Serikat. Para aktifis Indonesia pasti mampu lebih kreatif dan menyesuaikan dengan keadaan setelah melihat beberapa contoh yang didapatkannya, bahkan bisa membuat lebih baik.

Grassroot lobbying kit yang saya telaah ini dibuat oleh Immigration Equality, sebuah organisasi yang mendorong keadilan dalam system imigrasi di Amerika Serikat yang diskriminatif terhadap LGBT dan penderita HIV. Pertama Lobbying Kit ini membahas apa tujuan dibuat dan disebarkannya Lobbying Kit. Tujuannya adalah menyediakan informasi mengenai organisasi Immigration Equality, kampanye untuk mengakhiri diskriminasi terhadap LGBT dan HIV dalam Undang-Undang Imigrasi Amerika Serikat, dan menyediakan pengetahuan untuk bergabung dalam advokasi.

Di awal, Lobbying Kit ini juga memaparkan bagaimana struktur pemerintahan federal yang terdiri dari legislative, eksekutif dan yudicial. Selain itu juga dipaparkan bagaimana proses pembentukan undang-undang, ketentuan undang-undang yang menentukan mengenai sponsorship dalam imigrasi dan tidak diakuinya pasangan yang menikah sejenis. Setelah itu Lobbying Kit memberikan informasi mengenai cara melakukan kontak dengan anggota kongres yang merepresentasikan daerah ditempatinya, menunjukkan website terkait, dan memaparkan panduan untuk membuat surat kepada anggota kongres (struktur surat, alamat, tujuan, dll).

Lobbying Kit ini kemudian juga memaparkan bagaimana cara melakukan pertemuan dengan anggota dewan, bagaimana cara melakukan follow up dan tips-tips seperti mengingatkan mereka bahwa anda adalah pemilih dan memiliki pengalaman dalam memilih, tidak ragu menyebutkan bahwa anda memilih anggota kongres tersebut pada pemilu sebelumnya, jangan takut untuk meminta mereka untuk mempertimbangkan kembali posisinya, bersikap hormat, dst.

Lobbying Kit juga memaparkan bagaimana cara menghadiri Constituent Meeting, yaitu:

–  Tidak perlu takut jika tidak tahu detail undang-undang karena yang diharapkan adalah cerita atau pengalaman anda;

– Membawa gambar/photo sangat membantu;

– Berpakaian yang baik;

– Jangan gugup;

– Datanglah 5-10 menit lebih awal

– Panduan meeting: 1) Perkenalan; 2) Cerita, pengalaman, atau concern anda 3) Dorongan/tuntutan/harapan: 4) Diamlah sejenak jika anda telah menyampaikan paparan, lihat respon dari anggota kongres. Catat apa yang disampaikan; 5) Berterima kasih 6) Tutup rapat dengan kalimat yang persuasive dan pastikan memiliki kontak anggota kongres atau stafnya.

Di akhir, Lobbying Kit melampirkan contoh dan kerangka surat, surat ucapan terima kasih, surat untuk memohon pertemuan, contoh laporan Lobby Visit, dan contoh form “Day of Checklist” yang merupakan ceklis dari logistik, kebutuhan, dan kegiatan persiapan untuk melakukan advokasi.

Berikut kerangka grassroot lobbying kit yang diuraikan di atas:

My Family Does Count

Table of Contents:

1.0   Advocacy Kit

1.1   Introduction: Grassroots Lobbying

1.2   Immigration Equality

2.0   Civics Recap

2.1   Federal Government Overview

2.2   How a Bill Becomes a Law

2.3   The Uniting American Families Act

2.4   You Have a Voice, Use It

3.0   Make Contact

3.1   How to Find Your Member of Congress

3.2   Contacting Your Member of Congress

3.3   Cosponsor of the Uniting American Families Act

3.4   Writing a Letter

4.0   Lobbying is About Relationships

4.1   Scheduling a Meeting

4.2   Member’s Response

4.3   Follow Up

5.0   Constituent Meeting

5.1   Meeting with a Member of Congress, the basics

5.2   How to Conduct a Meeting

5.3   Follow up

6.0   Contact Immigration Equality

6.1   Sample Letter to Cosponsor the Uniting American Families Act

6.2   Sample Thank You Letter

6.3   Sample Letter to Request a Meeting

6.4   Lobby Report Form

6.5   “Day of” Checklist